Banjarmasin, Aktual.com – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan, mengamankan seorang pria yang diketahui telah melakukan perobekan terhadap kertas suara pada saat Pilkada Kalsel, Rabu (9/12) di Banjarmasin.

“Iya, memang benar kami telah mengamankan seorang pria yang merobek kertas suara,” ucap Kapolda Kalsel Brigjen Agung Budi Maryoto, di Banjarmasin, Kamis (10/12).

Ia mengatakan, peristiwa perobekan kertas suara itu terjadi di wilayah Kota Banjarmasin, dan pelakunya telah diamankan anggota saat berada di lapangan.

Orang nomor satu di jajaran Polda Kalsel itu tidak merinci secara pasti dan tidak menyebutkan siapa pelakunya.

Identitas pria perobek kertas suara itu tidak disebutkan secara rinci karena Kapolda menilai kejadian tersebut bukanlah merupakan suatu tindak pidana.

“Kertas suara yang dirobek merupakan miliknya sendiri, dan kami sudah berkonsultasi dengan ahli pidana,” tutur Kapolda.

Agung mengatakan, alasan pelaku perobek karena tadinya pria tersebut ingin dijadikan anggota Linmas pada pemungutan suara Pilkada (9/12) lalu, tapi malah tidak jadi, sehingga dia marah dan merobek-robek ketas hak suaranya sendiri. Dikatakannya, walau ada kejadian tersebut namun tidak mengganggu jalannya pelaksanaan Pilkada Kalsel, secara menyeluruh dan di sejumlah daerah berjalan lancar dan kondusif.

“Kami ucapkan terima kasih pada masyakakat Kalsel, yang telah ikut berpartisipasi mengamankan wilayahnya masih-masing dan menjaga agar situasi tetap kondusif,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Dirlantas Polda Kalsel itu.

Hingga saat ini aparat penegak hukum masih terus memantau dan mengamankan jalannya proses perhitungan suara hingga final yang diperkirakan 19 Desember 2015.

(Ant)

()