Kepolisian Republik Indonesia‎ menjadi tuan rumah penyelenggaran konfrensi ASEANAPOL ke-35 atau pertemuan Polisi kawasan Asean di Hotel Borobudur, Jakarta pada 3-7 Agustus 2015 mendatang.

Wakil Kepala Polda Metro Jaya, Brigjen Pol Nandang Jumantara‎ mengatakan, kegiatan ini akan membahas permasalahan kejahatan transnasional yang marak terjadi di negara-negara kawasan Asean, termasuk Indonesia.

“Ada 10 negara delegasi yang akan mengikuti Konfrensi Aseanapol ini. Sebagian Kepolisian negara-negara sahabat sudah hadir, yang datang setingkat Kapolri,” kata Nandang di Jakarta, Senin (3/7).

Guna menjaga kelancaran kegiatan, lanjut Nandang, pihaknya mengerahkan 700 personel dari Polda Metro Jaya. Sebanyak 620 personel difokuskan menjaga di kawasan hotel Borobudur, dan sisanya disebar.

“Hal itu mulai dari pengamanan tertutup, dan pengamanan terbuka. Mulai kedatangan delegasi, pas hari kegiatan, hingga delegasi kembali ke negaranya masing-masing. ‎Kegiatan fokus di hotel Borobudur,” terangnya.

Dia menambahkan, Konfrensi ini untuk menguatkan koordinasi guna menanggulangi kejahatan transnasional. Mulai dari penyelundupan narkotika, cyber crime, perdagangan manusian dan lainnya.

‎Sementara itu, sejumlah Kepoliisian negara sahabat telah datang. Diantanya adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja dan negara sahabat‎ lainnya. Selain itu juga hadir Kepolisian negara peninjau di luar kawasan Asean, seperti Australia, Timorleste, Cina, dan Hongkong.

(Nebby)