Jakarta, Aktual.co — Koleksi sekitar 2.000 poster Perang Dunia I yang digolongkan bagus dan mengaggumkan tingkat dunia selama lebih dari satu dasawarsa oleh tentara Amerika Serikat, akan dilelang pada akhir bulan ini, kata rumah lelang Guernsey, Selasa (9/6).

Poster-poster itu akan diketuk palu melalui lelang secara maya, tanpa pemesanan dan tanpa penawaran terendah pada 30 Juni dan 1 Juli.

Di antara poster tersebut ada poster bergambar Paman Sam bertopi tinggi dengan tangan menunjuk disertai tulisan berbunyi “Saya mau Anda menjadi tentara AS”.

Poster lain menunjukkan gambar bendera Amerika dan para buruh serta tulisan “Kemenangan Kerja Tim” sedangkan gambar ke tiga adalah perempuan Prancis sedang mencuci dengan tulisan “Empat Tahun Perjuangan”.

“Ini adalah koleksi dunia yang terbaik,” kata Arlan Ettinger, ketua Guernsey.

Edward H. McCrahon, yang lahir di Broklyn, mulai mengumpulkan poster-poster setelah bergabung sebagai tentara Prancis dua tahun sebelum AS memasuki perang besar 1917.

Ia mulai terpukau pada warna-warni dan grafik poster yang bisa mendorong warga untuk mendukung perang dan terus mengoleksi setelah bergabung ke militer AS.

Separuh dari poster-poster itu berasal dari AS, sedangkan yang lain dengan berbagai bahasa, berasal dari 15 negara yaitu Prancis, Italia, Jerman Kanada, Kuba dan Tiongkok.

Sejumlah poster merupakan karya seniman terkenal termasuk J.C. Leyendecket dan Howard Chandler Christy dan juga beberapa yang langka hanya tersedia beberapa lembar.

Ketika perang berakhir, McCrohan membaktikan waktunya untuk mengumpulkan poster dan pada 1930 mulai memamerkannya di AS. Poster-poster itu dijual oleh keturunannya.

(Ant)

()