Jakarta, Aktual.com – Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) mengaku telah menyerap aspirasi dari berbagai pihak, sebelum menentukan pilihannya untuk mendukung pasangan calon nomor urut 3 Anies Baswedan – Sandiaga Uno dalam putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Sebelumnya, DPW PAN DKI Jakarta telah mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan nomor urut 3 itu pada Sabtu (18/3) lalu.

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, mengatakan pihaknya sangat berhati-hati menyerap aspirasi di internal partai dari tingkatan paling bawah hingga atas.

“Kami juga ikut mendengar, ikut turun ke bawah agar memahami benar apa yang diinginkan masyarakat,” kata Zulkifli saat menyampaikan sambutan dalam deklarasi dukungan di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu (22/3).

Zulkifli juga mengaku telah menyerap aspirasi dari berbagai lembaga keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Dewan Dakwah Islam Indonesia (DDII), Persis, Al Wasliyah dan sejumlah ormas Islam lain serta kelompok masyarakat seperti guru yang menginginkan perbaikan di Jakarta.

“Mereka menitipkan harapan agar kami bulat mendukung calon nomor urut 3 Anies-Sandi. PAN sebagai partai yang nasionalis relijius, tentu aspek relijius sangat penting. Karenanya aspek relijius tak bisa kami abaikan,” ujar Ketua MPR RI itu.

Lebih jauh ia menjelaskan, memilih pemimpin bagi PAN adalah yang berwawasan kebangsaan. Sosok Anies-Sandi merupakan sosok pemimpin yang memiliki wawasan yang luas terhadap kebangsaan.

“Amanat UUD 45, tugas pemimpin cuma satu, yakni melayani dan mengayomi masyarakat,” pungkasnya.

 

Laporan Teuku Wildan

()