Jakarta, Aktual.com – Ketua DPR RI Setya Novanto berharap terjalin hubungan dan sinergitas yang semakin baik antara Pimpinan dan Anggota DPR RI, serta seluruh pegawai dan karyawan di lingkungan Sekretariat Jenderal maupun Badan Keahlian (BK) DPR RI.

Hal tersebut diungkapkan di acara silaturahim Pimpinan DPR RI menjelang bulan suci Ramadhan dengan Sekjen, Irtama, pejabat dan seluruh pegawai dan karyawan di lingkungan Sekretariat serta Badan Keahlian DPR RI di ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5).

Sebagai supporting sistem, Novanto menyatakan telah banyak yang dilakukan Sekretaris Jenderal dan Kepala Badan Keahlian DPR RI beserta jajarannya bagi dewan. Untuk itu pihaknya memberikan mengapresiasinya.

Meski demikian, sebagaimana yang diungkapkan Sekjen DPR dimana sebelumnya telah melakukan survey kepada anggota dewan terhadap pelayanan yang diberikan Setjen dan BKD, Ketua DPR berharap agar Setjen dan BKD lebih menyempurnakan dan memperbaiki lagi kerjanya.

“Untuk bisa mewujudkan itu semua diperlukan sinergitas dan koordinasi yang lebih baik lagi antara keduanya,” ujar Novanto.

Sekjen DPR RI, Achmad Djuned dalam sambutannya mengatakan pihaknya telah melakukan survey tingkat kepuasan anggota DPR RI terhadap pelayanan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI.

Dari sekitar 162 anggota DPR yang disurvey, sebanyak 74 persen menyatakan puas atas pelayanan Setjen. Sedangkan terhadap BKD, sebanyak 72 persen menyatakan puas atas pelayanan dan kinerja yang diberikan BKD.

Sekjen melaporkan kekurangan pegawai dan karyawan di lingkungan Setjen dan BK DPR RI. Pasalnya sejak beberapa tahun lalu pemerintah memoratorium perekrutan PNS, padahal setiap tahun selalu terjadi pengurangan pegawai baik dikarenakan memasuki masa purna tugas, maupun alasan lain.

Untuk mengatasi hal itu sejak beberapa tahun belakangan pihaknya melakukan perekrutan PTT (pegawai tidak tetap), serta pembukaan lowongan kerja bagi PNS dari instansi lain untuk berkarir di DPR RI.

Menjawab hal tersebut Ketua DPR RI mengatakan bahwa pihaknya akan terus mendorong Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara/Reformasi Birokrasi untuk mencabut moratorium tersebut.

Tidak hanya itu, politisi dari fraksi Partai Golkar ini juga berjanji akan menggelar silaturahim dengan seluruh karyawan di lingkungan Setjen dan BK DPR RI dalam setiap tahunnya menjelang dan usai bulan Ramadhan.

Pasalnya, sejak Ketua DPR RI Kharis Suhud, praktis acara silaturahim pimpinan DPR dengan seluruh karyawan DPR RI tidak pernah digelar kembali, baru di masa kepemimpinan Setya Novanto ini acara tersebut kembali diadakan.

“Masukan ini sangat positif untuk meningkatkan hubungan kerja dan sinergitas serta kordinasi antara pimpinan DPR RI, dewan dan seluruh pegawai dan karyawan di lingkungan DPR RI,” kata Djuned.

Silaturahmi sendiri selain Ketua DPR RI Setya Novanto dan Sekjen DPR RI Achmad Djuned, juga dihadiri Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan, Pimpinan BURT DPR RI Roem Kono dan Agung Budi Santoso, serta Irtama DPR RI, Setyanta Nugraha, Deputi Persidangan Damayanti, dan Plt Deputi Administrasi, Mardian Umar.

()