Jakarta, aktual.com – Berada di sisi paling barat Pulau Flores tidak membuat pamor Labuan Bajo kalah dibandingkan wilayah lain di nusantara. Malahan, kota pesisir kecil di Kabupaten Manggarai Barat ini menjadi tujuan wisata andalan di NTT. Pesona alamnya begitu memikat sehingga cocok menjadi tempat melepas penat. Pun, keindahan objek-objek wisatanya sayang jika tidak diabadikan dengan kamera.

Jika Anda ingin berlibur sekaligus mendapatkan foto-foto cantik, beberapa rekomendasi tempat wisata di Labuan Bajo berikut bisa menjadi referensi.

1. Menikmati keindahan sawah jaring laba-laba: Sawah Lingko

Siapa bilang sawah tidak bisa jadi latar foto yang memikat? Di Labuan Bajo, Anda bisa melihat area sawah berwarna hijau yang begitu luas. Keunikannya terlihat pada bentuknya yang menyerupai jaring laba-laba raksasa jika dilihat dari ketinggian. Dengan satu titik pusat, areal persawahan di sekelilingnya dibagi menjadi petak-petak yang semakin keluar, semakin lebar—membentuk lingkaran.

Bentuk sawah nan memukau ini bukan sengaja dibuat hanya untuk menarik wisatawan. Namun, bentuk tersebut merupakan hasil dari sistem pembagian sawah adat untuk kebutuhan bersama yang telah ada sejak lama. Sistem ini disebut lingko. Untuk menyaksikan sawah lingko dengan lebih jelas, Anda dapat mendaki bukit lewat tangga tanah dengan pegangan bambu.

2. Menikmati kecantikan pemandangan matahari terbenam: Pulau Padar

Salah satu foto Instagramable yang kerap diburu wisatawan adalah foto saat matahari tenggelam. Terlebih, pemandangan tersebut dilihat dari puncak sebuah bukit yang lapang sehingga tidak terhalang apa pun. Panorama semacam ini dapat Anda temukan di Pulau Padar, tak jauh dari pusat Kota Labuan Bajo.

Setelah menyeberang dengan transportasi laut dan mendaki perbukitan, Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari puncak Pulau Padar. Deretan perbukitan batu yang memanjang berpadu sempurna dengan warna air laut biru yang mengelilinginya. Belum lagi, bentangan langit semakin menyemarakkan keindahannya.

Saat musim hujan, perbukitan ini tampak hijau menyerupai sebuah sabana. Perpaduan kecantikan alam ini akan semakin sempurna saat ditangkap kamera, terlebih saat matahari kembali ke peraduannya.

3. Menyingkap keeksotisan gua batu: Gua Batu Cermin

Menikmati keindahan Gua Batu Cermin bisa menjadi pilihan saat Anda berwisata ke Labuan Bajo. Sembari menantang diri melakukan caving, Anda dapat menyaksikan keindahan gua yang terbentuk secara alami sejak jutaan tahun lalu ini.

Gua yang dulunya diduga berada di bawah laut ini menawarkan pemandangan apik, terlihat dari stalagmit dan stalaktitnya yang fantastis. Belum lagi, ornamen lain seperti fosil penyu yang ada, semakin kuat membuktikan tentang keberadaan asli Gua Batu Cermin di masa lalu.

Pemandangan eksotis dalam Gua Batu Cermin patut ditangkap kamera, terutama saat ada sinar yang memantul dari batuan gua satu ke yang lainnya. Batuan dalam gua memang dapat memantulkan cahaya yang disorotkan padanya. Saat cahaya mengenai sudut dan batu yang tepat, Anda dapat menyaksikan pemandangan memikat. Hal inilah yang membuat gua ini disebut sebagai gua cermin.

Nah, dari beberapa tempat wisata Instagramable di Labuan Bajo tadi, mana yang menarik perhatian Anda?

Segera siapkan perlengkapan Anda untuk berangkat ke Labuan Bajo. Pesan tiket pesawat sekarang juga di Airy. Selain memesan tiket, jangan lupa memeriksa harga tiket pesawat Lion Air dengan penawaran terbaik menuju Labuan Bajo. Harga tiket di Airy sangat terjangkau sehingga menguntungkan setiap calon penumpang pesawat.

Tak hanya itu, keuntungan memanfaatkan layanan Airy adalah Anda bisa meminta pengaturan refund dan reschedule. Hal ini bisa menjadi solusi terbaik saat Anda berhalangan untuk terbang tepat waktu. Yang pasti, Airy tidak akan mengecewakan Anda. Pun, tidak ada penipuan yang akan Anda alami saat melakukan perjalanan dengan Airy.

Khusus pengguna Telkomsel, Anda bisa mendapatkan bonus kuota sebanyak 1 GB jika pesan tiket pesawat di Airy. Cukup dengan memasukkan kode kupon yang tepat saat proses pembayaran (kode kupon: AIRYASIK).

Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini.

(Zaenal Arifin)