Jakarta, Aktual.com — Komandan Korem 161-Wirasakti Kupang Brigadir Jenderal TNI Heri Wiranto mengatakan, untuk mendukung proses berjalannya Pilkada serantak 2015 koordinasi dengan Polda NTT terkait pengamanan.

“Kita selalu saling berkoordinasi agar proses Pilkada untuk sembilan Kabupaten di NTT dapat berjalan dengan aman dan lancar,” kata dia di Markas Korem 161 Kupang, Senin (3/8).

Menurut dia, saat ini pihaknya telah memetakan wilayah yang akan melaksanakan Pilkada serentak. Sejauh ini, menurutnya tidak terjadi hal-hal yang meresahkan masyarakat. Pihaknya bersama Polda NTT akan selalu memantau.

“Beberapa hari yang lalu memang terjadi masalah atau keributan pada tahapan pendaftaran antar kubu, namun hal ini bisa diantisipasi,” ujar dia.

Selain dengan pihak kepolisian, pria yang baru diangkat menjadi Brigjen pada 10 Juli 2015 ini juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, untuk meminimalisir terjadinya konflik yang akan berakibat pada kekacauan.

Dia menghimbau kepada masyarakat jangan sampai tersulut emosinya, jika mendengar atau mendapatkan informasi yang kurang jelas terkait Pilkada.

“Sebagai provinsi yang dikenal dengan rukun, akan lebih baik jika tetap menjaga keamanan di wilayah ini, khususnya saat Pilkada sehingga berjalan aman dan lancar,” kata dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Intel dan Keamanan Polda NTT Komisaris Besar Polisi Musa Tampubolon. Menurutnya untuk mengantisipasi proses berjalannya Pilkada yang aman, maka pihaknya telah mengadakan operasi Turangga untuk memeping sembilan daerah yang akan menggelar Pilkada.

“Kita juga kerja sama dengan TNI dalam hal ini, dan kita yakin bahwa akan berjalan dengan baik karena kita telah mengantisipasi semua kejadian dengan Operasi Turangga itu,” katanya.

(Ant)

(Wisnu)