Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan (kanan) berjabat tangan dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius (kiri) seusai pengucapan sumpah jabatan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/7). Komjen Pol Suhardi Alius menggantikan Jenderal Polisi Tito Karnavian yang kini menjabat Kepala Kepolisian RI. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/kye/16

Jakarta, Aktual.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakini telah melakukan kalkulasi secara matang dengan memilih Wakil Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan (BG) sebagai kepala Badan Intelejen Negara (KaBIN).

“Presiden sebagai Kepala Negara sudah mempertimbangkan kalkulasi politisnya secara matang,” kata mantan pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK, Indriyanto Seno Aji, di Jakarta, Minggu (4/9).

Menurutnya, fit and proper test yang dihadapi jenderal bintang tiga itu akan berjalan mulus. Lalu kemudian lolos untuk menggantikan Sutiyoso.

“Tampaknya kekuatan partai politik memberikan apresiasi atas penunjukan tersebut,” ujar Guru Besar Hukum Pidana itu.

Lantaran, pencalonan BG sebagai Kepala BIN tentunya sudah memenuhi persyaratan substansial secara politik dan ketatanegaraan.

“BG memang pribadi yang santun memiliki kapabilitas tinggi dan berintegritas secara individual maupun kelembagaan,” pungkas pria yang pernah konsultan ahli di Badan Pembinaan Hukum Nasional itu.

(Novrizal)

(Eka)