Jakarta, Aktual.com- Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, M.Sc-VPCD mengimbau para orang tua tidak panik dengan adanya kasus vaksin palsu dan tetap melakukan vaksinasi di tempat-tempat terpercaya.

“Terkait vaksin palsu orang tua jangan panik berlebihan, bila ada keraguan tidak perlu sungkan untuk berkomunikasi dengan dokter dan bahkan boleh melihat kemasan vaksin sebelum diberikan,” kata Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, M.Sc-VPCD di Jakarta, Minggu (26/6).

Pernyataan tersebut disampaikan terkait kasus vaksin palsu yang tengah ramai diberitakan.

Lulusan University of Siena, Italy tersebut menambahkan kasus vaksin palsu agar tidak sampai membuat orang tua menjadi takut dan sengaja tidak memvaksin anak mereka.

Menurut dia, tidak memberikan vaksin malah akan merugikan bagi anak-anak.

“Dengan tidak memberikan vaksinasi yang menjadi hak nya, anak-anak menjadi sangat rentan mengalami berbagai penyakit infeksi yang bersifat fatal yang sesungguhnya dapat dicegah,” katanya.

Karena itu, dia mengimbau orang tua untuk tetap waspada namun juga tetap melengkapi vaksin bagi anak-anak mereka.

Sebelumnya, praktik pemalsuan vaksin yang dijual ke sejumlah rumah sakit berhasil dibongkar aparat Kepolisian.

Bareskrim Polri berhasil menggerebek para pelaku di pabrik mereka yang berlokasi di Pondok Aren, Tangerang Selatan pada Selasa (21/6).

Pabrik pembuatan vaksin palsu itu memproduksi vaksin campak, polio, hepatitis B, tetanus dan BCG.

Di lokasi pabrik ditemukan tempat yang tidak steril dan penuh dengan obat berbahaya lainnya.

Kepolisian juga menemukan alat untuk membuat vaksin mulai dari botol ampul, bahan-bahan berupa larutan yang dibuat tersangka dan labelnya.

()