Banda Aceh, Aktual.co —Wakil Gubernur Aceh, Muzakkir Manaf, Senin (24/11) meresmikan penggunaan bandara perintis Senubung di Kabupaten Gayo Lues.

 Sehari sebelumnya, maskapai Susi Air telah melakukan ujicoba pendaratan di bandara tersebut.

Pesawat perdana yang mendarat di bandara itu yakni Susi Air dengan kapasitas 16 penumpang mengangkut anggota DPR RI asal Aceh dari Bandara Kuala Namu Medan menuju Gayo Lues. Pesawat kedua yakni pesawat jenis MAV yang mengangkut rombongan Wakil Gubernur Aceh, Muzakkir Manaf dari Banda Aceh menuju Gayo Lues.

Kedua pesawat itu mendarat mulus tanpa kendala apa pun. “Saya bersyukur, akhirnya bandara ini selesai dibangun dan bisa digunakan. Ini bentuk komitmen Pemerintah Gayo Lues dan Aceh untuk membangun daerah di negeri seribu bukit ini,” ujar Muzakkir Manaf.

Pembukaan bandara itu diharapkan bisa membuka isolasi kawasan perbukitan itu terhadap dunia luar. Sehingga, masyarakat di Gayo Lues mudah berpergian menggunakan bandara tersebut.

“Bandara ini mempersingkat jarak Gayo Lues dengan wilayah lain. Kehadiran bandara ini diharapkan bisa mendoorng pertumbuhan ekonomi di Gayo Lues,” ujar Muzakkir.

Selain itu, sambung Muzakkir, pihaknya terus berusaha meningkatkan akses transportasi darat ke Gayo Lues. Sehingga, kawasan itu semakin maju dan berkembang.

()