Yogyakarta, aktual.com – Pemberian penghargaan dari Pemerintah Kota Yogyakarta yang disebut “Wali Kota Mengapresiasi” diharapkan mampu terus mendorong kreativitas masyarakat dan organisasi perangkat daerah untuk memberikan sumbangsih karya terbaik bagi kemajuan Yogyakarta.

“Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat menggugah semangat seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) maupun masyarakat dan kelompok masyarakat untuk terus memberikan kemampuan terbaik mereka bagi kemajuan Kota Yogyakarta,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu (4/12).

Kegiatan pemberian penghargaan Wali Kota Mengapresiasi tahun kedua tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta.

DLH Kota Yogyakarta memberikan berbagai penghargaan untuk sekolah, masyarakat umum hingga kelompok masyarakat dan kampung untuk berbagai pencapaian dalam upaya pelestarian lingkungan.

Sedangkan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian memberikan penghargaan kepada organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta yang dinilai memiliki kemampuan komunikasi publik yang baik.

“Kami sudah meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta untuk membuat profil OPD yang berprestasi. Harus ada profil bagaimana kinerjanya,” kata Heroe.

Dengan memiliki profil kinerja dari tiap OPD, Heroe berharap, pemerintah bisa melihat kualitas kinerja yang ditunjukkan OPD tersebut dari waktu ke waktu. “Apakah kinerjanya semakin baik atau justru sebaliknya. Nanti, Bappeda yang akan menyusun roadmap,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Tri Hastono mengatakan, Wali Kota Mengapresiasi adalah bentuk pengakuan dan penghargaan kepada institusi atau masyarakat yang memiliki kontribusi nyata untuk perkembangan Kota Yogyakarta.

“Tahun ini baru dilakukan kolaborasi antara Kominfo dan DLH. Harapannya, pada tahun berikutnya ada kolaborasi antar OPD yang lebih luas lagi,” katanya.

Sementara itu, sejumlah penghargaan yang diberikan di antaranya sekolah berwawasan lingkungan, pemenang video pendek sekolah peduli lingkungan, lomba bank sampah, lomba kampung iklim, dan penghargaan untuk OPD yang memiliki pejabat pengelola informasi dan dokumentasi terbaik. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)