Jakarta, aktual.com – Selalu ada hal baru yang ingin dijajal ketika mengunjungi suatu tempat. Tak terkecuali, mencicipi kuliner khas di tempat tersebut. Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak variasi masakan tradisional.

Rasanya tak lengkap apabila hanya pergi untuk melihat pemandangan alamnya saja. Waktu liburan yang terbatas pun pastinya tidak bisa dipakai untuk mencoba semua hidangan di Pulau Dewata, bukan?

Tenang saja. Ada solusi untuk permasalahan Anda. Jika mampir ke Bali dan ingin mencari tempat makan yang unik, cobalah berkunjung ke 5 destinasi wisata kulinernya berikut ini!

1. Cafe De’ Dapoer

Cafe De’ Dapoer merupakan restoran yang terletak di Jalan Raya Kuta No. 88R, Kuta, Badung. Tempat makan ini didesain dengan paduan klasik dan modern. Ruangannya yang didominasi dengan furnitur kayu menambah kesan hangat dan membuat pengunjung serasa berada di rumah sendiri. Jika mencari tempat makan yang halal, restoran ini telah memperoleh sertifikat halal dari MUI.

Pilihan menu yang ditawarkan dibuat berdasarkan resep asli dari ibu dan nenek sang pemilik restoran. Gabungan cita rasa autentik Indonesia dengan sentuhan modern membuat menu-menu d Cafe De’ Dapoer sayang jika sampai terlewatkan. Ayo, coba masakan-masakan favorit di sini, seperti Ayam Goreng Mamie, Sop Buntut Si Mpok, Mi Godog Si Jontek, dan Nasi Goreng Oma!

2. Tamarind Mediterranean Brasserie
Restoran ini terletak di Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Kuta Selatan, Benoa, Badung. Tamarind Mediterranean Brasserie terkenal dengan bangunannya yang hampir seluruhnya terbuat dari bambu. Anda bisa mencicipi aneka pilihan menu Asia kontemporer maupun menu Barat. Restoran Tamarind dibuka setiap hari mulai pukul 12.00 siang hingga 12.00 dini hari.

Untuk menu makan siang, Tamarind menawarkan beragam makanan pembuka, selada, hamburger, roti lapis, kebab, sup, pasta, dan piza. Sementara itu, menu makan malam dilengkapi dengan aneka ikan dan daging, seperti gulai kambing, daging domba bakar, dan ikan baronang bakar. Nikmati waktu makan Anda sambil menyaksikan panorama Samudra Hindia.

3. Bale Udang Mang Engking
Ingin mencoba makan ditemani suasana pedesaan? Kunjungi Bale Udang Mang Engking. Sesuai dengan namanya, restoran ini terkenal dengan menu udangnya yang khas dan gurih, serta dibalut madu. Restoran ini berada di Kuta dan Ubud sehingga Anda bisa mampir ketika berada di dekat lokasi tersebut.

4. Bali Buda

Bagi Anda yang menginginkan menu-menu unik, cobalah untuk datang ke Bali Buda. Restoran ini menyuguhkan makanan dan minuman yang terbuat dari bahan-bahan organik. Ada pula hidangan untuk orang-orang vegetarian. Sang pemilik bekerjasama dengan Bali Organic Association untuk membangun pasar dan membantu para petani organik. Selain kuliner khas Indonesia, Bali Buda juga menyajikan kuliner Barat, seperti dari Italia dan Inggris.

5. Ayam Plengkung Resto
Ayam Plengkung Resto terletak di Jalan Raya Kuta No. 90, Kuta, Badung. Restoran dengan desain modern yang simpel ini mempunyai menu unggulan yang berbahan dasar ayam. Mulai dari ayam betutu, ayam geprek, hingga ayam kremes. Ada pula ikan kerapu bakar dan cah kangkung yang ditemani dengan sambal pedas dan menggoyang lidah.

Itulah rekomendasi 5 tempat wisata kuliner di Bali yang wajib dikunjungi dan sayang jika sampai terlewatkan. Pulau Dewata memang menyuguhkan pengalaman eksklusif, tetapi Anda tidak perlu khawatir soal pengeluaran. Tempat-tempat di atas menawarkan berbagai menu yang lezat sekaligus ramah di kantong. Lalu, bagaimana caranya pesan hotel murah di sini? Temukan berbagai pilihan hotel murah di Denpasar Bali hanya di Airy!

(Zaenal Arifin)