Meski masih satu perusahaan dengan maskapai penerbangan Lion Air yang terkenal dengan ngaretnya, untuk urusan ketepatan waktu, Batik Air menjadi salah satu maskapai dengan ketepatan waktu terbaik di Asia Tenggara.

Untuk merebut pasar yang selama ini telah dikuasai oleh maskapai berplat merah Garuda Indonesia, Batik Air tentu punya strategi khusus agar penumpang di pasar premium mau menggunakan maskapai penerbangan mereka. Batik Air menawarkan harga yang kompetitif tanpa mengurangi pelayanan mereka sebagai full-service airlines.

Untuk memperluas wilayah penerbangan mereka, pada April lalu, Batik Air baru saja mendatangkan satu unit pesawat berjenis Airbus 320-200CEO (A320) yang langsung diterbangkan dari pabrikannya di Toulouse, Prancis.

Kehadiran pesawat ini melengkapi armada Batik Air yang terdiri dari 41 Airbus 320-200CEO (12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi), enam Boeing 737-900ER (12 kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi) serta delapan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi).

Hadirnya pesawat baru ini juga diharapkan mampu meningkatkan performa Batik Air sebagai salah satu maskapai penerbangan tingkat ketepatan waktu penerbangan (on time performance/ OTP) terbaik di Asia Tenggara.

Hingga saat ini Batik Air telah membuka lebih dari 40 rute destinasi penerbangan baik domestik dan internasional yakni ke Jakarta, Medan, Denpasar, Manado, Hong Kong, Macau Bangkok, Taipei, Tokyo, India, Cebu, Seoul, Vietnam, Australia (Sydney dan Gold Coast) serta Cina (Beijing dan Shanghai) dengan frekuensi mencapai lebih dari 350 penerbangan perhari.

(Abdul Hamid)