Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni usai berkunjung ke rumah almarhumah Siti Mujayanah di Desa Sawaran Kulon, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Kamis (22/2/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang)

Lumajang, Aktual.com – Seorang anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Desa Sawaran Kulon di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, bernama Siti Mujayanah meninggal dunia diduga akibat kelelahan selama melakukan pengawasan Pemilu 2024.

Penjabat Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang, Yuyun Baharita turut menyampaikan rasa belasungkawa dengan mengunjungi kediaman almarhumah Siti Mujayanah di Dusun Kedung Ketangi, Desa Sawaran Kulon, Kecamatan Kedungjajang, pada hari Kamis (22/2).

“Bu Siti seorang pengawas pemilu yang telah menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi. Mungkin karena lelah dalam menjalankan tugasnya, beliau jatuh sakit hingga akhirnya berpulang ke Rahmatullah,” kata Penjabat Bupati Lumajang Indah Wahyuni di kabupaten setempat.

Pada hari pemungutan suara tanggal 14 Februari 2023, almarhumah mengeluh sakit dan menjalani pemeriksaan medis di malam hari. Meskipun disarankan untuk rawat inap, namun beliau menolak demi melanjutkan tugas pengawasan pemilu meskipun dalam kondisi sakit.

“Kondisi kesehatan almarhumah yang semakin memburuk, membuatnya akhirnya dirawat di rumah sakit, tetapi sayangnya beliau berpulang pada Rabu (21/2),” tuturnya.

Indah Wahyuni menyampaikan duka cita yang mendalam atas kepergian almarhumah Siti Mujayanah dan berdoa semoga diberikan tempat yang mulia di sisi Allah SWT serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan.

“Kami turut berduka cita, semoga karena beliau wafat dalam menjalankan tugasnya, dapat diterima di sisi Allah SWT dan keluarganya diberi ketabahan,” katanya.

Menurutnya, peristiwa tersebut menunjukkan pengorbanan dan dedikasi yang tinggi dari para penyelenggara pemilu dalam menjalankan tugasnya demi terwujudnya demokrasi yang berkualitas.

“Semoga semangat dan pengabdian almarhumah Siti Mujayanah menjadi inspirasi bagi kita semua dalam berjuang untuk kebaikan bersama,” ujarnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Sandi Setyawan

Tinggalkan Balasan