Jakarta, Aktual.com — Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf mengatakan telah menjadwalkan agenda rapat kerja bersama Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, pada Rabu (2/9).

Diakui, dalam rapat nanti pihaknya akan langsung menayakan sejumlah langkah antisipasi baik yang akan dilakukan maupun telah dilakukan terkait dengan gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah ekonomi nasional yang sedang lesu.

“Kami sudah diskusikan cukup banyak dengan kawan anggota komisi IX dan kita semua fraksi sepakat kita akan meminta keterangan pemerintah, jadi langkah apa yang akan dilakukan. Karena pada dasarnya sekarang ini kan kondisi katakan kita sedang menuju krisis. Besok itu tanggal 2 (September), kami memanggil menteri tenaga kerja,” kata Dede saat dihubungi, di Jakarta, Senin (31/8).

Politikus Demokrat ini mengaku kecewa dengan menteri asal PKB tersebut. Pasalnya, ditengah terpaaan masalah terhadap tenaga kerja, justru tidak berada di dalam negeri.

“Kita sebetulnya agak kecewa dikit dengan pak menteri, lantaran beliau keluar negeri terus, kemarin merayakan HUT RI dengan para buruh, padahal kita tengah ramai soal tenaga kerja asing, soal pencabutan bahasa Indonesia, dan sekarang tentang gelombang besar PHK,”

“Jadi mustinya pada saat itu menteri harus sigap berada di tenah air dalam kondisi ketika itu. Kita menyayangkan, tetapi besok sudah kita jadwalkan dan akan kita tayakan antispasi langkah yang akan dilakukan kementerian tenaga kerja dalam menyikapi terkait dengan gombang PHK,” tandas dia.

()