Jakarta, aktual.com – Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang menentukan peluang Prabowo Subianto untuk maju menjadi Presiden pada pemilu tahun 2024 nanti.

Pangi mengatakan bahwa faktor pertama sebagai penentu peluangnya Prabowo yaitu dekat dengan kekuasaan, sebab kekuasaan masih memiliki pengaruh yang besar terhadap penentuan siapa Presiden kedepannya.

“Faktor pertama yaitu akses kekuasaan, karena siapa yang dekat dengan presiden nanti itu yang sangat menentukan presiden selanjutnya dugaan saya siapa yang didukung oleh rezim penguasa maka itu presiden selanjutnya,” ucapnya saat dihubungi aktual.com Rabu (13/10).

Kemudian ia menyebutkan faktor selanjutnya yaitu adanya Cawapres yang mampu medongkrak elektabilitas Prabowo dalam kancah Pemilu 2024 nanti walaupun terkadang keinginan elite sebagai pengusung dengan keinginan publik berbeda.

“Faktor selanjutnya Cawapres yang diusung, jika Cawapresnya tidak bisa mendongkrak elektabilitas pak Prabowo atau tidak punya nilai jual maka makin susah untuk menang walaupun dalam penentuannya terkadang keinginan elite dengan keinginan publik berbeda,” kata Pangi.

(Rizky Zulkarnain)