Jakarta, Aktual.com – Inventarisasi adalah suatu kegiatan yang umum dilakukan pada sebuah usaha. Sebagai seorang pelaku bisnis, membuat daftar inventaris adalah kemampuan dasar untuk menunjang kelangsungan usaha. Inventaris adalah daftar yang memuat seluruh barang milik perusahan, kantor, atau organisasi lain untuk menunjang tugasnya.

Dalam suatu usaha produksi, inventaris tidak hanya mencakup barang siap jual saja. Inventaris secara umum merupakan daftar persediaan produk, baik yang sudah siap dijual, setengah jadi, maupun bahan baku yang digunakan untuk membuat produk. Inventarisasi sangat penting untuk mengetahui perputaran barang.

Tips Pengelolaan Inventaris Perusahaan

Sebagai salah satu kegiatan penting dalam berlangsungnya suatu usaha, tentu Anda perlu melakukan inventarisasi dengan tepat untuk menghasilkan laporan yang akurat. Inventarisasi bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan aplikasi inventaris. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengelola inventaris perusahaan.

Menyusun Skala Prioritas

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah menyusun skala prioritas. Hal ini juga menjadi langkah awal yang bisa dilakukan dalam mengelola inventaris. Caranya cukup mudah, pahami performa produk dan buat daftar mengenai produk apa saja yang memiliki perputaran cepat dan juga sebaliknya.

Daftar ini akan memudahkan Anda untuk menentukan produk apa saja yang perlu diprioritaskan. Dengan demikian, Anda bisa menentukan produk apa saja yang perlu diperbanyak stoknya. Sementara itu, untuk produk dengan perputaran rendah sebaiknya dikurangi atau bahkan dihentikan apabila memang dirasa tidak laku.

Buat Catatan Produk

1
2
3
4
5
6
7