Lakukan Stock Opname Secara Periodik

Di samping memantau kinerja pemasok untuk memastikan ketepatan waktu pengiriman dan terjaganya kualitas barang, Anda juga perlu memantau keberadaan stok barang di gudang. Lakukan stok opname atau perhitungan terhadap barang yang ada di dalam gudang secara periodik untuk memantau ketersediaannya.

Perhitungan stok secara berkala ini umumnya dilakukan sekali setiap bulannya, namun penentuan periode ini juga bisa disesuaikan dengan preferensi pelaku usaha. Stock opname tersebut memiliki tujuan penting, yaitu untuk mencocokkan data yang tercantum pada laporan keuangan dengan kondisi stok yang sebenarnya.

Periksa Laporan Penjualan

Tips terakhir yang perlu dilakukan dalam mengelola inventaris adalah memeriksa laporan penjualan. Tak sekadar memeriksanya, Anda juga perlu membuat analisa terkait laporan penjualan. Analisa tersebut berguna untuk mengetahui performa penjualan produk dengan lebih mudah, jelas, dan juga rinci.

Analisa laporan penjualan juga menjadi ujung dari inventarisasi dalam mengetahui perputaran barang. Melalui analisa ini, Anda bisa menentukan strategi untuk mengambil langkah berikutnya bagi setiap produk. Misalnya saja produk mana yang paling laku atau produk mana yang mungkin perlu untuk diberlakukan promo.

7 Aplikasi Inventaris Terbaik

1
2
3
4
5
6
7