Jakarta, Aktual.com — Ustad Muhamad Ghozali, MA, kepada Aktual.com, Rabu (23/03) mengungkapkan, tentang makanan dan minuman yang disukai (favorit) Rasulullah SAW. Yang diterangkan dalam Hadis menyebutkan menu favorit Rasulullah SAW di antaranya:

1. Daging ayam

Dari Abu Musa al-Asy’ari ra berkata, “Saya pernah melihat Rasulullah SAW makan ayam.” (HR. Bukhari).

2. Daging burung

Safinah RA meriwayatkan, “Aku pernah memakan daging burung hubara bersama Rasulullah SAW.”(HR. Abu Daud dan al Tirmidzi)

3. Madu

Dalam kitab Ath-thibb minal Kitab was Sunnah, Muwafiquddin Al Baghdadi rahimahullah mengatakan, “Rasulullah SAW biasa minum madu setiap hari, yaitu madu yang dicampur air. Beliau meminumnya di pagi hari ketika perut masih kosong”.

Rasulullah SAW meminum madu itu sebelum makan pagi yang dibantu dengan air. (air yang hendak digunakan untuk dicampurkan dengan madu itu hendaklah disimpan semalaman di dalam suatu bekas sebagaimana yang disukai oleh Rasulullah SAW)

4. Daging kelinci

Dari Anas ibn Malik ra berkata, “Ketika kami berada Marr al Zhahran, kami mengejar seekor kelinci sampai berhasil menangkapnya, saya membawa kepada Abu Thalhah yang memotong dan menghadiahkan kedua pahanya kepada Rasulullah SAW, maka Rasulullah SAW menerimanya.”(HR. Bukhari dan Muslim)

5. Daging domba

Jabir ibn Abdillah RA meriwayatkan, “Suatu hari, Rasulullah SAW keluar rumah, saya ikut menemani Beliau. Rasulullah SAW mendatangi seorang perempuan dari golongan Anshar. Perempuan itu menyembelih domba dan Rasulullah memakannya, kemudian perempuan itu menyuguhkan sepiring kurma matang, Rasulullah pun memakannya. Setelah itu, Rasulullah SAW berwudhu untuk melaksanakan shalat Dzuhur, lalu pergi. Perempuan yang sama tadi mendatangi Rasulullah dengan membawa sisa olahan daging domba dan Beliaupun memakannya. Kemudian shalat Ashar tanpa berwudhu terlebih dahulu.”(HR. Tirmidzi)

6. Bagian tertentu dari daging

Abu Hurairah RA meriwayatkan, “Rasulullah SAW pernah disuguhi daging, bagian kaki (dari daging itu) diberikan kepada Beliau. Rasulullah SAW menyukainya, maka Beliau menggigit daging itu.”(HR. Bukhari dan Muslim)

7. Susu

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak menciptakan suatu penyakit, kecuali menciptakan pula obatnya. Maka hendaklah kalian berobat dengan susu sapi, karena sapi memakan seluruh pohon(tumbuhan).”(HR. Ahmad)

Dari Aisyah ra bahwa ia mengatakan, “Apabila Rasulullah SAW diberi susu, beliau bersabda, betapa banyak rumah yang di dalamnya terdapat satu keberkahan atau dua keberkahan.”(HR. Ahmad)

“Dan masih banyak lagi makanan dan minuman yang Rasulullah SAW sukai, karena pada dasarnya Rasulullah SAW tak pernah memilih-milih makanan dan minuman,” kata ia menutup pembicaraan.

()