Ketua DPD DKI Partai Gerindra M Taufik. (ilustrasi/aktual.com)
Ketua DPD DKI Partai Gerindra M Taufik. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com — Ketua DPD DKI Partai Gerindra M Taufik menegaskan ‘Koalisi Kekeluargaan’ akan tetap ada meski PDI Perjuangan menentukan sikap lain, yaitu dengan mendukung calon petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Ya enggak usah bubar, minus (tanpa) PDI-P, kita (Koalisi Kekeluargaan) tetap lanjut,” ujar Taufik di bilangan Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (27/8).

Namun, lanjut dia, saat ini komunikasi koalisi kekeluargaan dengan PDI-P masih tetap berjalan. Kalaupun PDI-P beralih dukungan ke Ahok, enam partai lain di Koalisi Kekeluargaan tetap lanjut mendukung Sandiaga Uno.

Sebelumnya, partai Gerindra siap mengambil alih kepemimpinan Koalisi Kekeluargaan jika PDI-Perjuangan hengkang dari koalisi. Pasalnya hingga kini PDIP belum menentukan sikap tetap bertahan atau punya pilihan lain.

“Saya bacaan politiknya begini, kalau PDIP ke Ahok, maka ini semua partai ke kami. Bacaannya itu aja, sederhana,” ujar M Taufik.

Partai-partai yang tergabung dalam ‘Koalisi Kekeluargaan’ akan menanyakan ketegasan sikap politik PDIP terkait Pilkada DKI Jakarta 2017.

Koalisi lawan calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini meminta batas waktu kepada PDIP untuk menentukan pilihan tetap bertahan atau mengambil keputusan lain.

“Kita maunya itu memberikan limit tentang kepastian PDIP tetap bersama atau mengambil keputusan berbeda,” kata Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo, Kamis (18/8).

Laporan: Fadlan Syiam Butho

(Wisnu)