Jakarta, Aktual.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto periode 2016-2021 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (16/6).

Longki dan Sudarto terpilih kembali menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah pada Pilkada Serentak 9 Desember 2015. Pilkada Sulteng yang diikuti dua pasang kandidat, yakni Longki-Soedarto dan Rusdy Mastura-Ihwan Datu Adam.

Pasangan Rusdy Mastura-Ihwan Datu Adam sempat menggugat kemenangan pasangan Longki-Sudarto ke Mahkamah Konstitusi, namun majelis hakim MK akhirnya menggugurkan gugatan tersebut.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan Longki-Sudarto merupakan pelantikan terakhir dari hasil Pilkada Serentak 2015.

“Pelantikan Gubernur Sulteng itu terakhir dari Pilkada serentak kemarin,” kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

Masa jabatan Longki-Sudarto sendiri, berakhir hari ini 16 Juni 2016. Sehingga Presiden perlu melantik pasangan tersebut untuk masa jabatan kedua mereka setelah sebelumnya ditetapkan menjadi pemenang pada pilkada serentak 2015 lalu.

“Kenapa baru sekarang? Karena masa habis jabatan Gubernur itu baru 16 Juni 2016 ini. Dalam Undang-Undang tak boleh dimajukan atau dimundurkan. Posisinya sama kaya yang kemarin,” ujar Tjahjo.

 

Laporan: Sumitro

()