Mantan Menko Maritim Rizal Ramli (kiri) bersama Sejarahwan Jose Rijal (kana) saat melakukan kunjungan ke Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, di Jakarta, Jumat (26/8/2016). Dalam kunjungannya Rizal Ramli meminta agar pemprov DKI lebih memperhatikan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin tersebut.

Jakarta, Aktual.com-Gaya kerja Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kerap melakukan penggusuran dengan cara yang tidak humanis dinilai bakal calon Gubernur DKI Jakarta Rizal Ramli mirip gaya Orde Baru.

“Cara yang dilakukan Ahok dengan pakai tentara dan polisi, sungguh tak manusiawi seperti zaman Orde Baru,” kata Rizal Ramli usai menghadiri salat Idul Adha bersama warga Kampung Arab di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (12/9).

Terlebih Ahok kerap menggunakan aparat tentara dan kepolisian dalam melakukan tindakan penggusuran. Seperti ketika menggusur pemukiman padat penduduk Kalijodo, Pasar Ikan, Jakarta Utara dan Rawajati, Jakarta Selatan.”Itu sesuatu yang tidak perlu dilakukan. Ada cara-cara yang lebih elok dari pada menggusur,” tegasnya.

Mantan menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumberdaya tersebut menilai cara kerja Ahok tidak sebanding dengan pendahulunya yakni Joko Widodo. Apalagi jika dibandingkan dengan cara Presiden Indonesia pertama Soekarno.

Ia berharap pemimpin Jakarta kedepan tidak lagi menggunakan cara-cara keji dalam melakukan penggusuran.

“Jangan lagi ada tangis dan derita,” katanya.

()