Jakarta, Aktual.co — Puluhan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar aksi damai di depan rumah tim transisi Jokowi-JK, di Jalan Situbondo 10, Jakarta Pusat, Kamis (16/10).
Dalam orasinya, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UNJ Reza Indrawan mengatakan, kedatanganya ke rumah transisi untuk menegaskan jika dalam pemerintahan Jokowi-JK elemen mahasiswa tetap mengawal kebijakan pro rakyat, salah satunya rencana penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.
“Pada hari ini sebagai bentuk bukti kita untuk mengawal pemerintahan ke depan, khususnya mengawal kebijakan yang bertentangan dengan rakyat, maka kita akan lawan!,” kata dia.
Selain pemerintahan mendatang menjadikan kepentingan rakyat sebagai prioritas utama dalam agenda pemerintahan baru. Dia juga menyerahkan beberapa tuntutan yang diberi nama “Tunas Rakyat”, yang mencakup isu korupsi, pertanian, migas, ekonomi, kesehatan pendidikan, dan ketenagakerjaan.
“Kami anggap penting (Tunas Rakyat) untuk menjadi prioritas dalam pemenuhannya,” kata dia.
Berikut ini isi Tunas Rakyat tersebut;
1. Mendesak penyelesaian semua kasus korupsi dan menyelenggarakan pemerintahan yang bebas KKN.2. Menegakkan keadilan atas kepemilikan tanah rakyta dengan menjalankan amanat reforma agraria.3. Renegoisasi semua blok tambang dan migas yang dikuasai pihak asing demi kemandirian bangsa.4. Menyelamatkan perekonomian bangsa dalam persaingan pasar bebas AEC.5. Memperbaiki sistem BPJS pada tataran birokrasi dan pelaksanaanya.6. Menjamin pendidikan gratis SD sampai strata 1 yang berkualitas dan berkarakter.7. Meningkatkan pengwasan kualifikasi, pemberangkatan dan jaminan perlindungan TKI di luar negeri.

(Novrizal Sikumbang)

()