Jakarta, Aktual.com — Bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober. dimana, 87 tahun lalu para pemuda pemudi Indonesia mengikrarkan Satu Tanah Air, Satu Bangsa dan Satu Bahasa, Indonesia.

Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan, hari Sumpah Pemuda sebaiknya tidak hanya diperingati sebagai seremoni tahunan semata. Ini harus dijadikan momentum bagi seluruh elemen bangsa, khususnya kaum muda untuk bergerak, bangkit, berjuang dan rela berkorban demi rakyat dan bangsa Indonesia.

“Kita tahu jika saat ini Bangsa Indonesia tengah menghadapi berbagai masalah dan tantangan, seperti masih adanya gesekan antar kelompok sehingga menciptakan aksi radikalisme, kebakaran hutan yang mengakibatkan kabut asap yang menyelimuti beberapa daerah di Indonesia, dan berbagai masalah bangsa lainnya,” ujar Novanto di DPR, Jakarta, Rabu (28/10).

Menurutnya, negara saat ini memerlukan peran serta atau partisipasi para pemuda pemudi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Pasalnya, pemuda memiliki fisik yang kuat, pemikiran yang cemerlang dan semangat yang luar biasa untuk mencari dan menyelesaikan permasalahan bangsa.

“Saya berharap para pemuda dan pemudi masa kini bersatu padu seperti para pemuda dan pemudi pada masa perjuangan kemerdekaan, khususnya dalam mengatasi permasalahan bangsa, seperti penanganan kebakaran hutan dan lahan serta dampaknya berupa kabut asap, yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan rakyat yang tinggal disekitar lokasi kebakaran, mengganggu dunia pendidikan, ekonomi, transportasi dan beberapa sektor lainnya yang bersentuhan langsung dengan rakyat Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, kunjungannya kemarin ke lokasi terdampak asap bersama Menko Polhukam, Panglima TNI, Kapolri dan beberapa menteri terkait, melihat secara langsung penanganan kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap oleh pemuda pemudi Indonesia, di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

“Saya menilai peran serta pemuda dan pemudi di dua provinsi tersebut yang tentunya dibantu oleh pemuda dan pemudi disekitar provinsi tersebut sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan lagi agar bencana atau musibah tersebut dapat segera diselesaikan,” papar Politikus Golkar ini.

Untuk itu, Novanto optimis jika semangat sumpah pemuda benar-benar mengalir didalam hati dan masih dijadikan acuan oleh para pemuda.

“Permasalahan bangsa seperti kerusuhan atau gesekan antar kelompok hingga penanganan bencana seperti kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap yang terjadi diberbagai daerah akan semakin mudah diantisipasi, karena pemuda yang memiliki energi yang besar, tentunya dapat menjadi garda terdepan dan pemersatu bangsa dalam menghadapi berbagai permasalahan dan cobaan atau ujian yang pasti datang silih berganti.”

()