Jakarta, aktual.com – Presiden pertama Timor Leste Xanana Gusmao dijadwalkan bertemu dengan pejabat RI sebelum kembali ke negaranya pada Minggu sore setelah berziarah ke makam Presiden RI ke-3 BJ Habibie dan istrinya, Hasri Ainun Besari, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

“Pak Xanana jadwal langsung terbang ke Timor Leste sehabis lunch. Beliau akan menghadiri dua pertemuan dulu,” kata Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos saat ditemui di TMP Kalibata Jakarta, Minggu (15/9).

Meskipun menolak memberikan keterangan detail terkait isu yang akan dibahas Xanana, yang kini menjabat sebagai menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Republik Demokratik Timor Leste,​​​​​ Dubes Alberto membenarkan kemungkinan soal finalisasi akhir perbatasan darat Indonesia dan Timor Leste akan dibahas dalam salah satu pertemuan.

“Ya, itu salah satunya. Nanti akan diberi informasi lagi,” ujarnya.


Xanana tiba di Indonesia pada Sabtu petang (14/9) dan langsung melayat ke kediaman mendiang BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta.

Di sana, Xanana menemui putra Habibie, Ilham Akbar Habibie dan menyerahkan dua surat, yakni dari Pemerintah Timor Leste dan dari Xanana pribadi.

Pada Minggu pagi sekitar pukul 09.45 WIB, Xanana tiba di TMP Kalibata untuk berziarah ke makam presiden ke-3 RI itu dengan didampingi Dubes Alberto; putra pertama Habibie, Ilham Akbar Habibie; dan sekretaris pribadi almarhum Habibie, Rubijanto.

Hadir pula puluhan mahasiswa Timor Leste yang tengah menempuh pendidikan tinggi di beberapa universitas di Jakarta dan Bekasi untuk memberikan penghormatan kepada Habibie.

Sekitar pukul 11.30 WIB, Xanana meninggalkan TMP Kalibata dengan mobil berwarna hitam bersama rombongan dari Kedutaan Besar Timor Leste.

Ant.

(Zaenal Arifin)