Jakarta, Aktual.com – Situasi Internasional terus memburuk :

1. Perang dagang USA Vs China menghajar ekonomi negeri negeri yang bergantung pada pasar china dan USA, yang bergantung pada dolar Amerika dan impor China.

2. Gelombang pembersihan skandal pajak di Amerika Serikat dan Eropa, menyapu para penjahat keuangan dunia. UU ekstradisi China segera akan menawa penjahat keuangan di Hongkong, Taiwan dan juga taipan taipan di wilayah Asia lainnya.

3. Ekonomi Singapura memburuk, pertumbuhan ekonomi terendah sejak krisis 200&, membawa negara itu pada krisis ekonomi dan keuangan dalam waktu dekat.

4. Harga komoditas makin memburuk, harga batubara anjlok, hanya minyak tetap rendah, harga CPO jatuh, keuangan negara negara yang bergantung pada migas jebol. Utang baru tampak sulit karena kemampuan bayar yang berat. Penerimaan negara berbanding terbalik dengan beban negara atas utang yang telah dibuat.

Pada saat situasi serba tidak menguntungkan, Indonesia dirundung masalah bertubi tubi. Apa yang terjadi dengan Indonesia? Mengapa masalah datang bertubi tubi.

Masalah alam, masalah ekonomi, keuangan, perdagangan, datang menjadi masalah secara beruntun. Tidak ada yang tau persis apa yang terjadi dan apa yang bakal terjadi sangat sulit ditebak.

(Abdul Hamid)