Pekerja menyelesaikan pembangunan Apartemen Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (12/4). Sejak diluncurkan 17 Agustus 2017 lalu, Meikarta secara cepat melakukan pembangunan yang saat ini sudah sampai lantai 20 dari total 30 lantai. AKTUAL/Tino Oktaviano

Jakarta, Aktual.com – Presiden Joko Widodo memastikan pada periode kedua masa pemerintahannya akan fokus kepada lima prioritas yang siap dijalankan dalam lima tahun kedepan.

Prioritas tersebut antara lain, pertama, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang pekerja keras, dinamis, terampil dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hal tersebut tidak akan diraih dengan cara-cara lama, melainkan cara-cara baru, dengan mengundang talenta global, membentuk endowment fund, kerja sama dengan industri dan penggunaan teknologi.

Kedua, meneruskan pembangunan infrastruktur terutama yang menghubungkan kawasan produksi dengan distribusi, mempermudah akses wisata, mendongkrak lapangan kerja dan akselerasi nilai tambah ekonomi.

Ketiga, menyederhanakan dan memangkas regulasi dengan menerbitkan Undang-Undang (UU) besar yaitu UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM.

“Masing-masing UU tersebut akan menjadi Omnibus Law, yaitu satu UU yang sekaligus merevisi beberapa UU, bahkan puluhan UU,” kata Jokowi dalam sambutan usai acara pelantikan di Jakarta, Minggu.

(Abdul Hamid)