Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno

Jakarta, Aktual.com – Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai pertemuan antara ketua PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani dan Ketum NasDem Surya Paloh sebagai Rekomitmen untuk bersama kembali di 2024.

“Saya kira menjadi penting dalam pertemuan tadi pasti dibahas ya, semacam rekomitmen ulang bahwa apakah Nasdem dan PDIP apakah bisa berjalan atau beda Mazhab untuk kepentingan 2024” Kata Adi saat di konfirmasi oleh Aktual.com,di Jakarta, Senin (22/8).

Adi menegaskan pertemuan kedua partai tersebut adalah untuk menjelaskan kepada publik bahwa hubungan keduanya baik-baik saja.

“Ini untuk meminimalisir ketegangan antara PDIP dan NasDem yang selama ini selalu muncul keruang publik kan, tentu ini mengaskan bahwa kedua partai ini tidak ada persoalan yang cukup serius, jadi yang terjadi belakangan itu tidak sekedar dinamika antara pendukung Jokowi” ujar dia.

Lebih lanjut, Adi menerangkan ada kemungkinan antara kedua partai besar ini ingin memasangkan calon presiden yang sebelumnya mereka usung.

“Ya tentu saja dalam konteks itu ada negosiasi, kalau Nasdem dan PDIP ingin bersama kembali tentu jagoan-jagoan yang akan mereka usung ada di meja perundingan, Nasdem punya nominator, PDIP juga punya nominator kira-kira siapa yang akan di negosiasikan oleh mereka” terang Adi.

Di tempat berbeda, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali menegaskan bahwa komunikasi partainya dengan PDIP tidak berarti NasDem meninggalkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat yang sudah lebih dahulu membangun komunikasi dalam rangka penjajakan koalisi menuju Pilpres 2024.

“NasDem dalam menentukan teman koalisi itu punya kemandirian. Bahwa dari semua parpol terbangun komunikasi, saat ini dengan PKS dan Demokrat komunikasinya jauh lebih maju daripada partai lain. Jadi kalau ditanya apakah pertemuan NasDem dan PDIP akan meninggalkan yang lain? Enggak,” ujar Ali di NasDem Tower, Senin (22/8).

Sekedar informasi PDIP dipimpin Ketua DPP Puan Maharani menyambangi kantor DPP NasDem pada Senin, 23 Agustus 2022. Kehadiran Puan dan jajarannya diterima langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

(Arie Saputra)