Jakarta, Aktual.com – “Mama Yo siapa yang punya? Mama Yo siapa yang punya? Mama Yo siapa yang punya? Yang punya kita semua”.

Lirik lagu tersebut selalu didendangkan anak-anak di seluruh Indonesia setiap kali Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise berkunjung atau hadir dalam acara-acara yang melibatkan anak.

Sebagai Menteri yang membidangi pelindungan anak, Yohana memang ditempatkan sebagai ibu bagi seluruh anak-anak di Indonesia, meskipun dia berupaya merendah bahwa lagu yang dinyanyikan anak-anak itu diajarkan oleh para deputinya di Kementerian.

“Itu anak-anak pasti diajari oleh Ibu Lenny dan Pak Nahar,” kata Yohana merujuk pada Deputi Tumbuh Kembang Anak Lenny N Rosalin dan Deputi Pelindungan Anak Nahar.

Yohana mengatakan sebutan “Mama” merupakan panggilan yang wajar bagi seorang ibu di Papua, tempat asalnya. Sedangkan “Yo” merupakan nama panggilannya. Sebagai anak perempuan tertua di keluarganya, adik-adiknya biasa memanggilnya “Kakak Yo”.

Yohana Susana Yembise. Nama itu terbilang mengejutkan saat Presiden Joko Widodo mengumumkannya sebagai salah satu menteri di dalam Kabinet Kerja. Saat itu, Minggu, 26 Oktober 2014 di halaman belakang Istana Merdeka, Yohana diumumkan sebagai menteri ke-30 dalam Kabinet Kerja.

(Abdul Hamid)