Obat antidepresan trisiklik lainnya yang juga dapat dipakai yaitu: desipramin, nortriptilin, maprotiline. Dapat juga diberi capsaicin ointment, 0,025-0,075 persen atau lidocaine topical patches. Obat antikonvulsan atau antikejang, seperti fenitoin, karbamazepin, gabapentin, pregabalin sebagai pengendali rasa sakit pada NPH.

Pencegahan

Ada beberapa upaya preventif agar tidak terkena herpes simpleks. Misalnya: menghindari stres, jangan sampai kelelahan, stop konsumsi alkohol, menjauhi makanan yang merangsang, hindari variasi hubungan seksual yang “aneh-aneh”.

Abstinensia atau “puasa” berhubungan seks, penggunaan kondom, edukasi, dan konseling penderita diperlukan untuk mengurangi risiko penularan herpes genital. Aplikasi pericoital dari gel tenofovir, suatu gel vagina antiretroviral, terbukti menurunkan risiko terkena HSV-2 pada perempuan.

Ibu hamil yang menderita herpes simpleks primer selama masa 6 minggu terakhir periode kehamilan, direkomendasikan dokter untuk melahirkan dengan metode seksio sesarea, sebelum atau dalam masa 4 jam setelah ketuban pecah.

Untuk mencegah herpes zoster, dokter atau ahli dermatologi akan merekomendasikan pemberian vaksin. Vaksin herpes zoster (Zostavax) dari virus hidup yang dilemahkan, efektif untuk mencegah herpes zoster dan NPH. Sebaiknya diberikan untuk usia minimal 60 tahun atau lebih. Kortikosteroid juga direkomendasikan dokter untuk mencegah NPH.

(Abdul Hamid)