Ilustrasi monkeyppox
Ilustrasi monkeyppox

Jakarta, Aktual.com – Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (PHAC) mengonfirmasi 890 kasus cacar monyet di negara itu hingga Rabu (3/8).

PHAC memaparkan bahwa kasus-kasus terkonfirmasi tersebut meliputi 423 kasus dari Ontario, 373 dari Quebec, 78 dari British Columbia, 13 dari Alberta, dua dari Saskatchewan, dan satu dari Yukon.

Laboratorium Mikrobiologi Nasional Kanada sedang melakukan pengujian diagnostik terhadap virus penyebab cacar monyet.

Selain itu, laboratorium tersebut tengah melaksanakan pengurutan genom menyeluruh (whole genome sequencing), sebuah analisis sidik jari dengan level yang ditingkatkan, terhadap sejumlah sampel cacar monyet di Kanada.

Pemerintah Kanada telah menyebarkan lebih dari 70.000 dosis vaksin Imvamune dan terus secara aktif bekerja sama dengan sejumlah yurisdiksi untuk mengelola respons kesehatan masyarakat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan bahwa wabah cacar monyet saat ini sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia (Public Health Emergency of International Concern).

Sejumlah ahli memaparkan bahwa cacar monyet merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak dekat dengan seseorang yang telah terinfeksi, termasuk melalui pelukan, ciuman, pijatan, atau hubungan seksual.

(Arie Saputra)